Jangan Salah, Inilah Posisi Tidur Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Menjadi ibu hamil itu banyak mengalami perubahan, hal utama yang terlihat jelas adalah perubahan secara fisik. Mengingat hal itu cukup banyak berubah tentu saja aktivitas yang bisa dilakukan pada orang normal terkadang tidak bisa dilakukan oleh ibu hamil. Begitu pula ketika dalam posisi tidur, dimana ternyata ada hal khusus yang harus diperhatikan supaya tidak salah. Jangan dianggap sepele, karena posisi tidur ibu hamil yang salah akan membuat lebih susah untuk bergerak. Bahayanya lagi dapat membuat ancaman kesehatan datang.

Jangan Salah, Inilah Posisi Tidur Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Bagi orang yang belum pernah merasakan hamil pasti akan merasa biasa melihat orang hamil tidur. Tetapi ketika sudah mengalami pasti banyak hal yang dirasakan dan membuat posisi tidur tidak nyaman lagi. Kesalahan yang fatal dalam tidur dapat mengakibatkan beragam masalah, hal ini yang harus diperhatikan oleh para ibu. Seperti mengalami peningkatan pembengkakan kaki, nyeri pada bagian otot, mendengkur, penurunan yang terjadi pada tekanan darah sampai dengan peningkatan tekanan darah yang dialami oleh ibu hamil. Sedikit saja masalah kesehatan saat hamil pasti akan membuat khawatir.

Bila saat ini Anda sedang hamil dan sudah memasuki usia besar, pasti akan mengalami banyak kesulitan. Nah, untuk posisi tidur yang baik dan tepat sendiri Anda bisa melakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini:

  1. Hindari telentang.
Ketika kehamilan sudah masuk pada trimester kedua, umumnya pada bulan kelima ibu hamil cukup disarankan untuk tidak melakukan posisi tidur dalam model telentang. Hal itu dapat membuat tekanan pada pembuluh darah meningkat, secara otomatis dapat menghambat peredaran darah ke tubuh dan masuk pada janin.

  1. Menyamping kiri.
Selain telentang, beberapa penelitian menganjurkan untuk posisi tidur ibu hamil menyamping ke kiri. Hal itu tentu saja bertujuan untuk membuat sirkulasi darah lebih lancar, baik yang menuju jantung ataupun yang menuju rahim, janin dan ginjal. Selain itu posisi ke kiri membuat kondisi organ hati lebih nyaman karena tidak tertekan.

Tetapi terkadang ibu hamil tidak terlalu memperhatikan akan tidur dalam posisi ke kanan ataupun ke kiri. Karena pada dasarnya yang dicari hanya kenyamanan saat tidur saja, itu pula yang tidak terlalu dipusingkan oleh banyak peneliti. Umumnya ketika sudah memasuki usia kandungan besar, tidur ibu akan lebih tidak nyaman. Banyak faktor yang membuat tidur tidak nyenyak saat hamil, tetapi ada beberapa usaha pula yang bisa Anda lakukan supaya tetap merasa nyaman seperti:

  1. Buatlah rutinitas tidur dan bangun dalam waktu yang sama.
  2. Hindari melakukan olahraga ketika akan tidur.
  3. Cobalah untuk melakukan rileksasi terlebih dahulu sebelum tidur seperti konsumsi air susu hangat ataupun yang lain.
  4. Hindari kopi, teh, atau minuman bersoda yang dapat membuat ibu hamil mengalami masalah sulit tidur nyenyak.
  5. Lakukan senam hamil secara rutin untuk membuat tubuh lebih segar.

Nah, itulah beberapa ulasan yang bisa Anda perhatikan selama hamil untuk mendapatkan posisi tidur yang tepat dan nyaman. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika saat hamil banyak sekali perubahan yang terjadi pada fisik. Tidak heran jika hal itu membuat posisi tidur ibu hamil harus berubah pula mengikuti proses kenyamanan dan tidak membuat kesehatan terancam. Untuk mengetahui seperti apa lebih lanjut bisa langsung konsultasikan pada bidan atau dokter kandungan. Sekian, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment