Ke Bengkel AC Mobil Sebab AC Cuma Keluar Angin, Ketahui Sebabnya!

Meski AC mobil adalah alat vital yang jadi salah satu penentu kenyamanan Anda ketika berkendara, namun ada saja orang yang malas untuk merawat AC mobilnya sehingga bermasalah. Salah satu masalahnya adalah AC hanya keluar angin. Sebelum Anda pergi ke bengkel AC mobil, baiknya ketahui sebabnya agar tak mengulangi kesalahan itu lagi!

Ke Bengkel AC Mobil Sebab AC Cuma Keluar Angin, Ketahui Sebabnya!

1. Freon yang Sudah Habis
Penyebab pertama kenapa AC mobil Anda hanya keluar angin adalah karena freon AC mobil Anda sudah habis. Freon habis memang bukan masalah yang abnormal. Namun, kalau habisnya lebih cepat dari waktu yang diperkirakan, baiknya Anda memeriksa bagian selang atau pipa freon lebih dulu.

Siapa tahu di sana ada kerusakan yang terjadi sehingga membuat adanya kebocoran freon AC mobil Anda. Jika kerusakan yang terjadi karena usia pipa atau selang memang sudah tua, ada baiknya Anda lakukan service AC mobil sekalian mengganti pipa atau selang tersebut.

2. Filter Kabin yang Kotor
Masalah lain yang sering jadi penyebab kenapa AC hanya keluar angin adalah dikarenakan filter kabin Anda kotor. Filter yang kotor ini akan membuat sirkulasi di dalam mobil terhambat. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya Anda selalu mengganti filter kabin mobil setiap menempuh jarak 16.000 km untuk mengantisipasi AC agar tak cepat rusak.

3. Puli Kompresor Tidak Berputar
Selain itu, masalah yang bisa jadi penyebab kenapa AC hanya mengeluarkan angin yang lain adalah karena puli kompresor tidak bisa berputar. Penyebabnya adalah karena belt yang putus. Belt ini sendiri memiliki fungsi untuk menggerakkan puli tersebut dan menghubungkannya dengan power steering, pompa air, alternator dan kipas pendingin.

Bila belt putus karena kondisi yang sudah retak, maka lebih baik diganti yang baru. Bila Anda biarkan, masalah akan makin besar dan mobil Anda bisa jadi overheating. Pada akhirnya, mobil Anda akan lebih mudah mogok.

4. Rusaknya Thermistor AC
Bila thermistor AC Anda rusak, AC juga bisa hanya mengeluarkan angin saja. Thermistor sendiri memiliki fungsi untuk mengukur suhu yang diberikan kompresor. Jika bagian ini rusak, maka evaporator akan beku dan ini bisa menyebabkan kompresor tak bisa bekerja dengan baik.

5. Kompresor Aus
Lalu, penyebab lainnya adalah dikarenakan kompresor yang aus. Anda bisa merasakannya sebenarnya ketika terjadi tekanan yang tak normal, timbul bunyi gesekan ketika dijalankan dan beberapa hal lain. Kalau dibiarkan, masalah akan makin besar. AC tak hanya tak dingin, namun juga bisa menyebabkan sight glass yang menghitam dan lainnya.

Itulah beberapa penyebab kenapa AC Anda hanya keluar angin saja meskipun Anda sudah menyetelnya dalam keadaan full. Jadi, mulai sekarang cobalah cek dulu bagian tersebut sebelum lakukan service AC mobil. Nah, kalau Anda butuh jasa servis AC terbaik, hubungi saja supercar.id yang punya tim terbaik untuk atasi berbagai masalah AC mobil Anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment