Faktor Penting Sebelum Memilih Tipe Aki Motor Mio New Yang Tepat

Tahukah anda bagaimana memilih aki terbaik dari sekian banyak tipe aki motor Mio yang ada di pasaran? Sebagai pemilik motor mio ataupun motor lainnya, anda pasti akan kesulitan. Ada beberapa merek yang mungkin anda pernah mendengarnya dan mungkin ada merek-merek aki yang belum anda pernah dengar. Aki sendiri adalah satu dari sekian banyak komponen dalam motor, namun aki memiliki peranan yang paling penting karena sebagai sumber listrik utama. Tanpa adanya aki maka motor tidak akan bisa hidup atau menyala. Di pasaran sendiri ada dua jenis aki yang biasa anda temui, yang pertama adalah aki kering dan yang kedua adalah aki basah. Keduanya adalah jenis aki yang berbeda namun sama-sama bisa digunakan pada motor mio milik anda. Pada aki basah, aki tersebut menggunakan cairan elektroda yang mana cairan tersebut harus diisi ulang terus menerus secara berkala agar tidak habis. Sedangkan pada aki kering, aki tersebut menggunakan elektroda dalam bentuk gel sehingga anda tidak perlu melakukan isi ulang secara berkala.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana caranya memilih aki terbaik untuk motor anda. Diharapkan setelah anda membaca artikel ini, anda tidak lagi kebingungan dan tidak lagi kesulitan dalam memilih aki terbaik untuk motor anda. Langsung saja, berikut adalah kiat-kiat untuk anda dalam memilih aki, faktor-faktor penting apa saja yang harus anda perhatikan:

Faktor Penting Sebelum Memilih Tipe Aki Motor Mio New Yang Tepat

• Pilih aki sesuai dengan kebutuhan
Setiap jenis motor membutuhkan jenis aki yang berbeda-beda. Daripada anda bingung, tentu lebih mudah dan lebih cepat apabila anda membaca buku panduan motor anda. Ada beberapa merek motor yang mencantumkan jenis aki apa yang paling tepat untuk motornya. Namun apabila pada buku panduan tersebut tidak dicantumkan jenis aki apa yang dibutuhkan motor tersebut, maka anda bisa berkonsultasi dengan mekanik bengkel atau mekanik yang bekerja di toko aki. Karena pengalaman dan juga ilmu yang mereka miliki, tentu mereka lebih paham jenis aki seperti apa yang tepat untuk motor anda.

• Menggunakan aki merek terkenal
Mengapa harus menggunakan aki dari merek yang sudah terkenal? Karena aki dari merek yang terkenal sudah terbukti kualitasnya, selain itu anda akan lebih mudah jika ingin melakukan klaim garansi karena bisa dilakukan dimanapun. Mungkin dari segi harga akan sedikit lebih mahal, namun anda bisa mendapatkan fasilitas yang tidak akan anda dapatkan ketika membeli aki dari merek yang tidak jelas atau bahkan mekanik bengkel saja belum pernah mendengarnya. Tapi dengan menggunakan aki dari merek yang sudah terkenal, anda tidak akan pernah kecewa dengan kualitasnya seperti aki dari NS Battery yang sudah terbukti kualitasnya.

• Cek tanggal produksi
Pada kemasan aki biasanya tertera informasi terkait tanggal produksi aki tersebut dan juga masa kadaluarsanya. Jadi tidak hanya makanan saja yang memiliki manufacture date dan expire date. Aki yang sudah berumur pasti kondisinya tidak sebaik dengan aki yang baru saja diproduksi. Karenanya tidak ada salahnya untuk selalu mengecek tanggal produksi aki yang akan anda beli agar mendapatkan aki yang bisa bekerja dengan optimal, tidak gampang rusak dan memiliki jangka waktu kerja yang lama.

• Harga aki
Harga aki yang terlalu murah bukan berarti aki tersebut murahan, namun aki yang mahal juga tidak menjamin kualitasnya bagus. Karena itu jangan berpatokan pada harga ketika anda memilih aki mana yang ingin anda beli. Setidaknya ketika anda membeli NS Battery anda bisa mendapatkan harga yang ramah di kantong, sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Untuk motor Mio new sendiri ada dua jenis aki dari NS Battery yang bisa dipilih, yang pertama adalah NS Eagle dengan harga 234 ribu rupiah dan NS Hawk dengan harga 212 ribu rupiah.

• Cek tegangan aki
Agar bisa terhindari dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dan dapat merusak komponen motor lainnya, anda bisa mengecek tegangan aki milik anda sendiri dan juga mengecek aki yang akan anda beli. Apakah tegangan keduanya sudah sesuai atau belum. Jika aki yang ingin anda beli memiliki tegangan yang berbeda dengan aki motor anda, lebih baik anda mengurungkan niat anda untuk membeli aki tersebut. Aki dengan normal memiliki tegangan dengan nilai 12,6 – 12,8 volt. Apabila aki yang ingin anda beli memiliki tegangan di bawahnya, menandakan kualitas aki yang buruk dan bisa menyebabkan kerusakan pada motor.

Nah, ketika anda mencari aki untuk motor Mio New anda, anda bisa berpatokan pada faktor-faktor di atas. Ada satu aki yang mencakup seluruh faktor atau kriteria di atas. Aki tersebut adalah aki dari NS Battery. Jika anda bertanya, pasti anda akan disarankan menggunakan aki ini karena kualitas yang dimilikinya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment