Lensa Kamera Sering Jamuran? Lakukan Ini Untuk Mencegahnya

Ada satu masalah yang sering menimpa lensa kamera yang tentunya menjadi mimpi buruk bagi para fotografer. Salah satunya adalah jamuran. Jamuran di lensa kamera ditandai dengan bercak-bercak di kaca, yang tentunya cukup sulit dihilangkan.

Selanjutnya, jamur-jamur tersebut mulai muncul dengan ukuran yang lebih besar. Bahkan, seperti kabut hadir di lensa, yang tentunya menjadikan proses fotografi Anda jadi terganggu.

Lensa Kamera Sering Jamuran? Lakukan Ini Untuk Mencegahnya


Lensa Kamera Sering Jamuran? Lakukan Ini Untuk Mencegahnya

Tidak hanya itu, bidikan Anda selalu sulit fokus, karena kualitas gambar menurun tajam. Bahkan, dalam kondisi yang parah, lensa Anda justru memiliki gambar yang kabur (blur). Padahal, lensa adalah ujung tombak dari sebuah kamera. Baik atau buruknya hasil gambar yang Anda ambil, juga sangat terpengaruh dengan lensa yang digunakan.  Pertanyaannya, bagaimana agar jamur tersebut tidak muncul di kamera Anda?

Hal pertama yang musti selalu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan kamera. Penyebab hadirnya jamur dan sebagainya ini adalah debu, cuaca lembab, dan sebagainya. Nah, apabila kamera Anda terletak di tempat yang berdebu, dan lembab maka bila jarang dibersihkan, kemungkinan terkena jamurnya akan semakin besar.

Jadi, tidak hanya kebersihan kamera saja, tapi kebersihan tempat meletakkan kamera juga sangat penting untuk dijaga. Untuk membersihkan kamera, disarankan menggunakan minyak kayu putih, agar lebih cepat kering. Bila Anda punya budget, tidak ada salahnya menggunakan cairan pembersih kamera yang khusus. Perlu diingat, ketika membersihkan kamera, gunakan kain pembersih yang halus agar tidak merusak lensa.

Ditambah lagi, biasanya lensa kamera, seperti kamera Canon misalnya, memiliki caps lensa. Caps ini berguna sebagai penutup lensa ketika disimpan atau tidak digunakan. Gunakan terus caps lensa ini agar lensa Anda tidak mudah rusak, tergores dan tentunya berjamur.

Salah satu brand kamera ternama yang sering direkomendasikan adalah Canon. Anda bisa mencari tempat jual kamera canon dengan mudah baik online maupun offline. Kamera yang satu ini selain memiliki kualitas, juga harga terjangkau, loh. Asalkan Anda bisa mencari tempat jual kamera Canon yang tepat.

Selain itu, kaca kamera yang digunakan di kamera Canon juga lebih tahan terhadap debu, kotoran dan tentunya jamur. Jadinya, selama Anda menjaganya dengan baik, maka kondisi lensa yang jamuran akan sulit Anda temukan di kamera satu ini.

Sebagai tambahan, tidak ada salahnya Anda memberikan perlindungan tambahan dengan kotak  penyimpanan kamera, atau sering juga disebut dry-box. Drybox ini menjadikan kamera tetap dalam suhu yang stabil, juga tidak terkena debu dan cuaca lembab. Tentunya, hal tersebut akan jauh lebih baik ketimbang Anda harus menghabiskan uang untuk memperbaiki atau mengganti lensanya, bukan?

Drybox tersebut juga bisa ditemukan di tempat jual kamera canon. Akan sangat baik bila drybox dan kamera tersebut saling kompatibel. Jadi, kamera muat diletak di dalamnya dan terjaga dengan sempurna. Letakkan juga di tempat yang aman serta tidak mudah jatuh. Apalagi, bagi fotografer yang memiliki anak kecil, jauhkan dari jangkauan anak Anda, yah.

Jadi, agar lensa kamera Anda tidak gampang jamuran, beberapa cara di atas bisa digunakan, yah. Apabila kebersihan kamera, tempat menyimpan kamera, drybox dan caps lensa tersebut digunakan dan diperhatikan dengan baik, maka masalah jamuran pada lensa kamera bisa dihindari. Jadi, Anda dapat terus menghasilkan foto terbaik dengan kamera kesayangan Anda. Silahkan dicoba.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment