8 Jenis Kue Kering yang Cocok Disajikan saat Lebaran

Kue kering memang identik dengan makanan yang disajikan saat lebaran selain opor dan ketupat. Ada banyak jenis kue lebaran yang umum disajikan saat momen spesial ini berlangsung setiap tahunnya. Bagi Anda yang kurang tahu apa saja jenisnya, bisa cek di sini lalu coba sajikan ketika lebaran Idul Adha yang sebentar lagi tiba ini!

Kue Kering

1. Kue Nastar
Salah satu jenis kue ini adalah kue nastar. Kue ini adalah yang paling populer dan sering disajikan di acara besar termasuk lebaran, kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega dan telur dan diisi dengan selai nanas pada bagian dalamnya. Meski bentuknya kecil, kue ini sangat enak. Apalagi bila ditambah potongan kismis atau keju di bagian atasnya.

2. Kastengel
Kue lain yang biasa disajikan saat lebaran adalah kastengel. Kue ini berasal dari Belanda dengan mana kaasstengels yang artinya keju batang. Yah, seperti namanya, kue ini memang memiliki bentuk persegi panjang. Kue ini biasanya memiliki panjanga 3 hingga 4 cm dengan lebar 1 cm dengan hiasan keju parut di atasnya.

3. Putri Salju
Jenis kue lain yang umum dan cocok disajikan saat lebaran adalah putri salju. Bentuk kue ini biasanya adalah bulan sabit. Namun, ada juga yang menggunakan bentuk lingkaran dan hati. Kue ini diberi taburan gula halus di seluruh permukaannya sehingga terlihat diselimuti salju. Itulah asal nama dari kue cantik satu ini.

4. Lidah Kucing
Kue ini bukan berasal dari lidah kucing sungguhan, ya! Hanya saja, bentuknya yang mirip seperti lidah kucing, panjang dan tipis. Kue kering ini memiliki rasa yang sangat gurih dan renyah. Kue ini juga berasal dari Belanda dan disebut juga dengan nama Katte Tong. Orang Indonesialah yang mengubah namanya menjadi lidah kucing.

5. Kue Semprit
Ada juga kue semprit. Kue yang satu ini biasanya memiliki bentuk layaknya bunga mawar. Rasa dari kue ini gurih dengan beragam jenis seperti semprit sagu, cokelat dan keju. Anda bisa memilihnya sesuai selera. Untuk memperindah tampilan, biasanya di atas kue ini ditaruh potongan kismis ataupun selain yang membuat siapa saja makin tergugah seleranya.

6. Widaran Keju
Kue yang satu ini sebenarnya umum disajikan saat lebaran, hanya saja kebanyakan orang tak tahu apa namanya karena tak terlihat sama sekali pada bentuknya. Kue ini memiliki bentuk seperti cabai dengan warna yang kecoklatan. Rasanya gurih dan renyah karena ada campuran keju di dalamnya.

7. Kue Bawang
Kue yang satu ini cukup umum ditemukan di setiap rumah saat lebaran. Kue ini dikenal juga dengan nama keripik bawang dan memiliki bentuk yang beragam. Ada yang membuatnya seperti stik, ada juga yang panjang lebar. Ciri khas dari kue ini adalah teksturnya yang berbintik-bintik karena adanya potongan daun seledri di dalamnya.

8. Kue Cokelat
Kue yang satu ini pastinya jadi favorit anak-anak ketika lebaran. Seperti namanya, kue ini memang berwarna cokelat dan memiliki tekstur yang kasar. Kue ini terbuat dari adonan tepung dan cokelat, gula, mentega dan sebagainya. Makin maksimal, kadang ada yang menambahkan cokelat juga sebagai topping atau ditambah dengan choco chips.

Nah, di antara kue kering di atas, mana yang jadi tujuan Anda ketika bertamu ke rumah orang? Tapi, saat tak menemukannya di rumah orang yang dikunjungi, jangan sedih. Anda bisa membelinya sendiri di lemonilo.com, kok! Tersedia banyak di sana dengan beragam pilihan kemasan. Jadi, tak harus buat sendiri atau berburu ke rumah tetangga, ya!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment